Saturday 22 September 2012

Waspada Bayi Diare Akibat Botol Susu Terkontaminasi


Iseng Baca - Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna karena itu ia rentan terserang infeksi seperti diare. Jika bayi menggunakan susu botol, maka waspadai diare akibat botol susu yang terkontaminasi.

"Tidak jarang bayi diare karena botol susu yang terkontaminasi," ujar dr Lily Rudjan, SpA(K) dari divisi perinatologi Departemen Kesehatan Anak FKUI/RSCM dalam acara training Pencerah Nusantara di RSCM, Jakarta, Jumat (21/9/2012).

dr Lily menuturkan ibu maupun petugas kesehatan perlu melakukan sterilisasi botol susu dengan benar, dan saat cuci botol gunakan sikat supaya bisa membersihkan dasar botol karena kalau menggunakan tangan saja tidak akan bisa.


Proses sterilisasi perlu dilakukan secara teratur dan benar setiap kali botol digunakan. Hal ini penting agar bisa mengurangi masuknya bakteri atau kuman yang bisa mengkontaminasi botol dan menyebabkan diare.

Sterilisasi botol susu bisa menggunakan alat khusus untuk steril, namun jika tidak ada alat ini maka bisa dilakukan melalui proses merebus, seperti:
1. Cuci botol beserta tutupnya dengan benar menggunakan sabun dan juga air mengalir, sikat setiap sisi dan dasar botol agar tidak ada bekas susu yang tertinggal.
2. Rebus botol yang sudah dicuci bersih ini ke dalam air mendidih selama 10-15 menit, pastikan botol susu tidak rusak saat terkena air mendidih.
3. Segera angkat dan tiriskan botol kemudian disimpan dalam tempat yang bersih dan kering.

Selain menjaga kebersihan botol, orangtua atau perawat yang akan menyiapkan susu untuk bayi perlu mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan juga air mengalir.

"Di dalam kulit manusia terdapat kuman residu atau yang menetap di kulit dan juga kuman pendatang. Untuk kuman pendatang seperti S. aureus, E.coli dan pseudomonas, sedangkan untuk kuman menetap misalnya Staphylococcus, epidermis, acinetobacter, yang pada jumlah tertentu hilang tapi pada beberapa waktu ia muncul kembali," ujar dr Lily.

Untuk itu setiap kali akan mempersiapkan susu atau makanan bayi sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu untuk menghilangkan kuman-kuman yang berpotensi menyebabkan infeksi, termasuk melakukan steril untuk mainan yang sering digigit oleh bayi.


No comments:

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu anda untuk bekomentar jika anda menyukai postingan kami di atas.