Monday 10 September 2012

Konsumsi Keju Tiap Hari untuk Cegah Diabetes


Iseng Baca - Apakah Anda ingin mencegah agar tak terkena diabetes? Cobalah Anda mengkonsumsi keju setiap hari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition belum lama ini, sepotong kecil keju seberat 55 gram saja dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Jika Anda tidak suka keju, mulai sekarang cobalah beralih dengan mengkonsumsi krim asam atau yoghurt. Menurut para ahli dari Denmark dan Inggris, takaran yang sama pada konsumsi keju yang dialihkan pada yogurt, juga memiliki efek menyehatkan serupa pada tubuh.

Dalam penelitian yang melibatkan sekitar 30 ribu penduduk Eropa tersebut, hampir 17 ribu orang dinyatakan sehat pada saat sesi check up. Sementara 12 ribu orang lainnya terdeteksi menderita diabetes mellitus atau diabetes tipe 2. Setelah mempelajari pola makan dari kedua kelompok tersebut, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi keju dan yogurt terbukti terhindar dari risiko penyakit tersebut sebanyak 12 persen.

Anjuran tersebut memang bertentangan dengan rekomendasi tradisional bagi para penderita diabetes. Karena mereka biasanya justru disarankan untuk mengurangi atau sama sekali tak mengkonsumsi makanan dengan lemak tinggi. Namun para penulis hasil penelitian itu memiliki fakta yang cukup kuat, bahwa bakteri probiotik dalam keju juga dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam darah dan membantu tubuh memproduksi vitamin untuk pencegahan penyakit.

Tak hanya itu, produk berbahan dasar susu itu juga mengandung zat lain seperti vitamin D, kalsium, dan magnesium yang baik bagi kesehatan. Namun, dokter tetap memperingatkan para penderita diabetes agar tak terlalu tergantung pada produk susu. Kombinasi diet seimbang sederhana dengan buah, sayuran, sedikit garam, dan makanan berlemak juga perlu untuk dikonsumsi. Tertarik untuk mencobanya?

No comments:

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu anda untuk bekomentar jika anda menyukai postingan kami di atas.