Monday 24 September 2012

Windows 7 Paling Populer



LANTAS MEDIA Windows XP yang berumur 11 tahun sudah cukup lama menjadi OS yang paling banyak dipakai di dunia, namun kini menurut data yang diperoleh dari Netmarketshare hal tersebut telah menjadi masa lalu karena posisinya saat ini telah diambil oleh Windows 7 dengan margin yg cukup tipis. Sistem operasi komputer Windows dari Microsoft masih mendominasi penggunaan sistem operasi global. Yang paling banyak digunakan adalah Windows 7, lalu diikuti Windows XP yang sudah cukup "berumur" di posisi kedua.

Menurut survei yang dilakukan lembaga riset StatCounter periode Juni 2011 sampai Juni 2012, Windows 7 yang dirilis pada 2009 berhasil meraup sebagian besar pasar sistem operasi di dunia dengan 50,2 persen. Posisi kedua ditempati oleh Windows XP sebesar 29 persen.

Microsoft telah mengumumkan rencana menghentikan dukungan terhadap Windows XP pada April 2014. Perusahaan software raksasa itu telah mengeluarkan rekomendasi kepada klien korporat, kampus, dan sekolah agar memperbarui sistem operasi Windows XP ke Windows 7.

Kendati demikian, berdasarkan survei StatCounter, penggunaan Windows Vista masih lebih tinggi dibandingkan dengan Mac OS X dari Apple.



Dari data tersebut diketahui pemakaian Windows XP di PC telah menurun menjadi 42,52% dari sebelumnya mencapai 61,91% pada bulan September 2010. Sedangkan di sisi lain Windows 7 meningkat tajam dari 17,64% menjadi 42,76% dalam kurun waktu yang sama.

Dimana pertumbuhan Windows 7 diperkirakan akan terus meningkat karena semakin banyak user dan perusahaan korporat beralih dari XP ke Windows 7.

Kehadiran Windows 8 pun diperkirakan tidak akan menghentikan pertumbuhan Windows 7, alasannya user yang sudah menginstall Win7 kemungkinan tidak langsung mengupgrade ke 8. Ini terjadi karena impresi awal dimana banyak user tidak menyukai absennya fitur Start menu, fitur start up to to desktop, serta kehadiran Modern UI (Metro) yang agak sulit (asing) digunakan bagi masyrakat awam.

Windows secara keseluruhan (dari seluruh versi) masih menjadi OS paling banyak dipakai dengan 91,77%; diikuti berturut-turut dengan Mac OS X 7,13% dan Linux sebanyak 1,10%. (Via Zdnet)

No comments:

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu anda untuk bekomentar jika anda menyukai postingan kami di atas.