Wednesday 9 March 2016

Kumpulan Foto Gerhana Matahari Total 2016

Gerhana Matahari di Palu. Photograph: Ojo Bala/EPA

Sebuah fenomena alam yang langka menyinggahi langit Indonesia hari, Gerhana Matahari Total membuat gelap beberapa kota di Indonesia mulai dari Palembang, Palangkaraya, Balikpapan, Palu hingga ke Pulau Halmahera.

Gerhana matahari sudah berlansung di Indonesia, walau sebagaian wilayah diselimuti awan. Indonesia adalah satu-satunya negara yang bisa menikmati fenomena Gerhana Matahari Total pada Rabu (09/03) pagi, melintasi 12 provinsi, dari Sumatera Barat hingga Maluku Utara. Gerhana berlangsung selama dua sampai tiga jam, namun mencapai fase penuh hanya dalam beberapa menit saja.

Maba, Maluku Utara merupakan tempat pemantauan Gerhana Matahari Total terlama yaitu 3 menit 17 detik.

Selain kota-kota yang beruntung bisa menyaksikan Gerhana Matahari Total, kota-kota lain di sebagian besar Sumatera, Jawa dan Sulawesi juga bisa menyaksikan gerhana ini meskipun tidak mencapai 100% alias hanya gerhana matahari sebagian / partial.

Banyak tempat mengalami cuaca yang kurang bersahabat karena memang musim di Indonesia sedang berada di musim penghujan dengan curah hujan yang cukup tinggi, seperti di Palembang yang masih tertutup mendung kala terjadi gerhana matahari total.

Di Ibukota Jakarta sendiri puncak gerhana terjadi pada pukul 07.21 WIB. Sementara proses terjadinya gerhana sendiri sudah dimulai sejak pukul 06.19 WIB dan berakhir pukul 08.31 WIB.

Antusiasme juga ditunjukkan artis Dian Sastrowardoyo. Ia mengunggah foto gerhana matahari pada fase setengah tertutup lewat akun Instagram personalnya.

Indonesia menyaksikan gerhana matahari total

Diketahui, pin hole (proyeksi lubang jarum) merupakan salah satu alat untuk melindungi mata saat menyaksikan GMT. Selain dengan pin hole, GMT juga aman dilihat dengan menggunakan rol film untuk foto, bekas foto rontgen, dan kacamata dengan kemampuan reduksi cahaya 100.000 kali lipat.

Tak cuma netizen Instagram, para pengguna Twitter, Path, dan Snapchat pun turut meramaikan linimasa dengan foto-foto GMT. Mereka juga menceritakan pengalaman melihat GMT dari kota masing-masing.

Sebagai informasi, gerhana matahari total sudah beberapa kali terjadi di wilayah Indonesia sebelum 2016. Masing-masing pada 24 Oktober 1995, 18 Maret 1988, 22 November 1984, dan 11 Juni 1983.

instagram oleh @odie_audree

instagram oleh @ameecatz

instagram oleh @heksirian

Sebelum gerhana matahari total 2016 Indonesia juga pernah mengalami gerhana matahari total dan sempat diabadikan momennya dalam bentuk video pada tahun 1983. Video tersebut diambil dilokasi Candi Borobudur, tentu saja kualitas gambarnya belum sebaik sekarang.

Para pengguna Instagram ini tampaknya ingin menjadi saksi fenomena yang menggabungkan matahari, bulan, dan bumi dalam satu garis lurus. Mereka kemudian memfoto dan mengunggahnya di akun Instagram mereka. 

Tidak sedikit dari foto tersebut tampak sangat indah. Penasaran seperti apa keindahan gerhana matahari total di indonesia? simak videonya, Video Gerhana Matahari total (GMT) 2016.


No comments:

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu anda untuk bekomentar jika anda menyukai postingan kami di atas.