Monday 10 September 2012

Ibu Perokok Berpotensi Lahirkan Bayi Penderita Asma


Iseng Baca Stockholm: Informasi ini bisa dijadikan perhatian untuk seluruh Ibu hamil yang tetap merokok. Studi terbaru menyatakan, sekitar 65 persen bayi yang lahir dari ibu perokok bakal menderita penyakit asma. Dampak terparah akan terjadi saat ibu hamil yang merokok di tiga bulan awal masa kehamilan, yang memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan si bayi.

 Dan siapa menyangka dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine ini, sebanyak 21.600 anak terungkap menderita sesak napas terkena asma karena semasa hamil ibu mereka suka merokok. Suara bengek dan bunyi pernapasan akan terus terdengar dari bayi penderita asma karena gangguan pada saluran pernapasan.

"Anak berpotensi terkena asma pada masa balita dan usia dini," ujar peneliti asal Sekolah Tinggi Karolinska di Stockholm, Swedia, Dr Asa Neuman.

"Penelitian kami menegaskan, merokok selama kehamilan menimbulkan risiko besar pada kesehatan janin yang berkembang dalam rahim. Biasanya napas berdenging pada usia prasekolah," tambahnya.

Kendati demikian, dampak tersebut tidak ditemukan bagi ibu yang merokok pada masa kehamilan tua ataupun setelah melahirkan. Tetapi, sang ibu mesti tetap waspada. Sebab, penelitian sebelumnya menyatakan bahwa merokok semasa hamil bisa merusak struktur DNA bayi dan melemahkan sistem kekebalan tubuh bayi. Masih inginkah buah hati anda terganggu kesehatannya?

No comments:

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu anda untuk bekomentar jika anda menyukai postingan kami di atas.